Pendidikan

Inilah 10 Besar PTN dengan Persaingan Paling Ketat

JAKARTA - Jumlah daya tampung yang tersedia di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Nusantara dengan peminat sangat jauh berbeda. Dari 62 PTN di Tanah Air, daya tampung mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tulis 2012 hanya tersedia 123.419 bangku. Tidak mengherankan tingkat persaingan seleksi lubang jarum ini sangat ketat.

Setiap PTN diberikan otonomi dalam menyediakan kursi bagi mahasiswa baru dari berbagai jalur penerimaan, baik SNMPTN jalur undangan dan tertulis serta jalur mandiri. Jumlah daya tampung tentunya disesuaikan dengan ketersediaan fasilitas dan sumber daya pengajar di sebuah PTN.

Perbandingan jumlah peminat terhadap sebuah jurusan di suatu PTN dengan daya tampung yang tersedia menentukan tingkat persaingan. Semakin besar jumlah peminat namun kursi yang ada sangat terbatas, menyebabkan tingkat persaingan di PTN tersebut sangat tinggi.

Read more: Inilah 10 Besar PTN dengan Persaingan Paling Ketat

Anak Anda Sulit Belajar Matematika? Coba Alat Buatan Siswa SMK Ini

Jakarta Inovasi para siswa SMK Negeri 1 Tengaran, Semarang, Jawa Tengah, ini cukup menarik. Mereka membuat aplikasi game khusus untuk anak supaya lebih bisa belajar matematika. Kok bisa?

Nur Chabibur Rohim, Muhammad Asrori, dan Risang Yogardi membuat aplikasi bernama Jarimatika Game itu selama empat bulan. Mereka kemudian ikut ajang lomba inovasi yang digelar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) hingga akhirnya mendapat Special Awards di ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) Ke-12 di Thailand.

Read more: Anak Anda Sulit Belajar Matematika? Coba Alat Buatan Siswa SMK Ini

Who's Online

We have one guest and no members online

Pencarian dengan Google

Vinaora Visitors Counter

597897
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
29
144
2314
590318
11403
23876
597897

Your IP: 18.118.135.250

Kontak Kami

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Web : www.geraiwinda.com

social